hai gays kali ini saya ingin me-review e-book IT SERVICE MANAGEMENT A Guide for ITIL® Foundation Exam Candidates Second Edition.
jadi buku ini adalah paduan untuk ujian foundation ITIL. dengan isi 241 halaman, karya Ernest Brewster, Richard Griffiths, Aidan Lawes dan John Sansbury .
Sebelum kita review buku ini, kita bahas dulu apa itu ITSM dan ITIL.
ITSM itu sendiri adalah suatu metode atau cara pengelolahan sistem teknnologi informasi yang terpusat pada pandangan konsumen terhadap bisnis.
sedangkan ITIL itu suatu rangkaian atau konsep pengelolahan atau pembuatan suatu infrastruktur, pengembangan serta suatu sistem oprasi informasi.
jadi, buku ini membahas tentang metode atau mengelolahan sistem teknologi informasi untuk pada pengembang usaha / bisnis yang menggunakan rangkaian atau konsep pengelolahan, pembuatan suatu infrastruktur pengembak serta suatu sistem oprasi informasi atau yayasan ITIL.
pertama tama di buku ini menjelaskan apa itu menejemen service di buku ini tertulis Manajemen layanan/ menejemen service adalah seperangkat organisasi khusus yang mempunyai kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan , dalam bentuk layanan.lah seperangkat organisasi khusus kemampuan untuk memberikan nila kepada pelanggan dalam bentuk layanan.
dibuku ini dilengkapi dengan keterangan gambar dan tabel, istilah-istilah dari singkatan, daftar istilah, referensi website-website yang bisa membantu tentang buku tersebut dan intruksi cara penggunaan buku ini.
didalam buku ini menjelaskan berbagai macam penjelasan lengkap untuk orang-orang yang butuh pedoman tentag layanan service manajemen.
dalam buku ini sangat bagus karena di pembahas pertama buku ini menjelaskan apa itu service manajemen terlebih dahulu, menjelaskan perbedaan kerja praktek terbaik dan kerja praktik yang bagus, di buku ini juga menjelaskan apa itu ITIL Framework, core,model-model dari ITIL, kunci dari konsep dan disetiap bab pembahasan selaluu ada pertanyaan-pertanyaan dari bab tersebut.
di bab kedua buku ini membahas the service lifecycle yang mencakup strategi service , desain strategi, transisi dari service, operan service, cara untuk perbaikan. dan di buku ini sangat menejelaskan dengan detail.
dalam pembahasan ke tiga membahas tentang proses dan fungsi, di dalam bab ini membahas tentang hubungan menejemen bisnis, finansial menejemen untuk IT service, proses permintaan, service portolio manajemen sampai 7 proses pengembangan proses.
dan pembahasan terakhir adalah pengukuran, matriks dan dan lingkaran deming.